Thursday, June 03, 2004

Media baru membunuh media konvensional?

Banyak orang yang mengatakan bahwa Internet dapat membuat tutupnya media publikasi konvensional yang hanya mengandalkan media cetak. Hype ini belum terbukti. Hal ini disebabkan karena dahulu untuk menayangkan (publish) sebuah tulisan di Internet dibutuhkan kemampuan coding HTML. Kemudian muncul alat bantu yang mempermudah penulisan HTML. Namun ini masih kurang. Hasil tampilan masih pas-pasan saja.

Muncullah blogger dengan alat bantu penulisan dan cara penyajian yang menarik. Ada mekanisme untuk mengubah tema (theme, style) dari tampilan dengan hanya menekan beberapa tombol saja. Hasilnya adalah tampilan yang sebanding dengan tampilan dari media cetak.

Hanya, masalah konvensional masih belum dipecahkan, yaitu mencari sumber tulisan yang bagus. Yang ini ternyata masih belum bisa diotomatiskan. Masih harus dilakukan oleh orang. Mungkin suatu saat ini bisa diotomatiskan dengan menggunakan program intelegensia buatan yang dijalankan oleh komputer? Kita tinggal menuliskan plotnya, memilih temanya (serius, komedi), dan kemudian sang komputer menuliskan detailnya.

Nah, kalau sudah begitu maka media baru ini baru bisa mulai dikatakan membunuh media konvensional. Tapi mungkin ini masih belum cukup. Saya masih ingat lagu "video kills radio star". Ternyata video tidak membunuh bintang radio, bahkan membantu penjualan album bintang radio tersebut. Nampaknya media baru ini tidak membunuh media konvensional, malah meningkatkan penjualannya. Siapa yang mau eksperimen?

-- br

2 comments:

Merry Magdalena said...

Pada akhirnya sesama media tidak akan saling membunuh. Yang terjadi justru semacam seleksi alam. Radio terus ada walau Internet lahir. Koran terus hidup kendati sudah ada televisi. Sebab peradaban manusia sendiri sangat beragam Di Indonesia misalnya, peradabannya mencakup yang masih berkoteka hingga yang sudah menenteng notebook.

Anonymous said...

Media baru membuka lambaran baru untuk usahawan usahawan global. Untuk berita terbaru bagaimana untuk mengambil peluang media baru,ikuti di https://twitter.com/uzaidi