Monday, August 22, 2005

Model Bisnis dari Online Publishing

Ketika dotcom mulai naik daun, Online publishing dianggap sebagai salah satu peluang bisnis. Situs web dibuat, artikel dikumpulkan dan didistribusikan. Akan tetapi sampai saat ini ternyata masih belum terbukti. Bisnis tidak kunjung datang.

Technology Research News (TRN) merupakan salah satu contoh upaya bisnis online publishing ini. Ternyata mereka pun kesulitan dan menanyakan kepada pembaca situs slashdot (/.) tentang model bisnis yang cocok dengan mereka. Kalau diperhatikan lebih lanjut, jumlah orang yang berada di belakang TRN ini juga tidak banyak. Mereka hanya memiliki dua orang editor, dan beberapa pekerja lainnya. Setahu saya jumlahnya di bawah 10 orang. Apakah karena gaji di luar negeri yang mahal yang menyebabkan model bisnis ini tidak jalan? Bagaimana kalau dikerjakan di Indonesia? Apakah tetap tidak ada bisnisnya?

Mungkin technomedia readers ada yang tertarik?

Saya pribadi memiliki beberapa ide model bisnis seperti ini. Sudah lebih dari 5 tahun ide tersebut saya endapkan karena belum sanggup mengeksekusi (terlalu sibuk). Mungkin suatu saat saya akan nekad mengeksekusinya lagi.

(BR, aka Mr. GBT)

2 comments:

Anonymous said...

"Wine has been a part of civilized life for some seven thousand years. It is the only beverage that feeds the body, soul and spirit of man and at the same time stimulates the mind." Wine Gift Basket.

Anonymous said...

Hi there! Glad I found this place with like minded people. Doing a good job looks like.
All the best, Corporate Gift Basket