Friday, June 18, 2004

Pemahaman IT?: Terlalu berharap banyak dari Capres dan Cawapres

oleh Budi Rahardjo aka Mr. GBT.

Dalam masa kampanya calon presiden dan calon wakil presiden, beberapa orang dari komunitas IT Indonesia mencoba menggali visi IT dari tim sukses capres/cawapres. Hasilnya ternyata mengecewakan. Tidak ada satupun yang tertarik. Rekan-rekan ini kemudian kecewa. Saya tidak!

Banyak orang yang beranggapan bahwa IT itu adalah Internet dan Internet adalah IT. Tentu saja ini tidak benar, meskipun konotasi bahwa IT itu sama dengan Internet memang kental sekali. Maklum, Internet merupakan salah satu indikator yang paling populer. Rekan-rekan IT ini kecewa bahwa para capres ini tidak tertarik kepada dunia IT. Jangan salah, situs web untuk para capres ini memang ada. Akan tetapi mereka tidak responsif jika dihubungi melalui email.

Sebetulnya apa yang diharapkan dari rekan-rekan IT? Apakah para capres, atau sedikitnya tim suksesnya?, bisa berkomunikasi melalui e-mail? Apakah harus demikian? Saya melihat bahwa rekan-rekan IT menganggap bahwa kalau seseorang tidak menggunakan email maka dia tidak ada (exist) di dunia IT. Saya kira ini harapa yang terlalu berlebihan. Setiap orang tentunya berhak memilih media komunikasi yang dia inginkan. Mungkin dia lebih suka menggunakan SMS, yang sebetulnya merupakan implementasi IT juga.

Kalau ini saya analogikan, mungkin sama dengan penilaian saya terhadap istilah "pakar IT". Dalam bayangan saya, yang namanya pakar IT tentu mahir menggunakan email, browsing Internet, dan punya homepage yang aktif. Yang terakhir ini mungkin harapan yang berlebihan dari saya, seperti harapan rekan-rekan bahwa capres dan timnya harus menggunakan email. Dalam bayangan saya, seseorang tidak dapat disebut pakar IT/Internet kalau tidak punya homepage yang aktif. Saat ini sepengetahuan saya "pakar IT" kebanyakan hanya menggunakan email saja. Kalau sekedar email, nenek-nenek juga bisa. Mereka tidak layak disebut "pakar".

Kalau anda tidak sepakat dengan opini saya ini, ya tentunya para capres dan timnya juga tidak perlu sepakat dengan tolok ukur anda. Dalam pemikiran mereka, mereka sudah IT-minded. Just not the Internet. So leave us (capres and team) alone, will you?

2 comments:

Anonymous said...

TOP!!! Lagipula 28 Juni itu sepekan menjelang hari H. apa emang masih boleh 'kampanye'?, cmiiw.

http://www.mnots.eu said...

pakar it harus punya homepage aktif? berarti linus torvalds dan steven haryanto bukan pakar it dong