Membuat mailing list (milis) sangat mudah. Apalagi adanya fasilitas milis yang diberikan oleh Yahoogroups sungguh sangat memanjakan pengelola milis.
Namun ternyata mengelola milis yang baik dan disukai oleh pelanggannya tidak mudah. Ada saja anggota yang sering ngerecokin dengan tulisan yang tidak berguna, cross posting dari milis lain, ngajak berantem melulu, one-liners, dan hal-hal lain yang menyebalkan sehingga banyak anggota yang akhirnya memilih untuk unsubscribe dari milis tersebut.
Yang menyebalkan ini sebetulnya jumlahnya tidak banyak. Orangnya sih itu-itu saja. Tapi anehnya, orang jenis ini tidak mengerti kalau disindir atau ditegur secara halus. Apa harus dikatakan secara eksplisit?
Apa saran-saran dan tips anda agar pengelolaan milis bisa optimal?
1 comment:
moderator harus bisa tegas bahkan banned member yang menbahayakan kelangsungan milis dan jangan terpancing dengan konflik yang ada.
Post a Comment