Thursday, November 18, 2004

Copy Protection audio CD?

Kemarin saya membeli CD terbaru dari Ada Band (Album "Heaven of Love", lagu yang paling saya suka adalah "Manusia Bodoh". Silahkan beli. Tidak menyesal.). Asli tentunya. Dalam CD ini ada petunjuk penggunaan CD yang mengatakan bahwa CD ini menggunakan Copy Protection Technology sehingga tidak bisa di-copy.

Saya masukkan CD ke komputer saya. Memang langsung ada sebuah player bawaan yang langsung menjalankan lagu-lagu dari CD tersebut. Tapi apakah CD ini memang memiliki perlindungan anti bajakan? Ternyata tidak! Saya tinggal menjalankan program Windows Media Player versi 10 yang langsung bisa melakukan "ripping" terhadap CD tersebut, menjadi format MP3. So much for copy protection technology.

Cara yang lebih baik adalah melakukan edukasi dan pricing yang pas sehingga orang-orang terbiasa membeli karya asli. Harga Rp 25.000,- sampai dengan Rp 35.000,- per CD menurut saya sudah cukup baik sehingga ada willingness to pay untuk CD asli. Selain suara CD bagus, gambar cover bagus, dan ada perasaan mendukung musik Indonesia. Sayang, harga CD barat masih di atas itu sehingga orang lebih suka membeli bajakan.

3 comments:

Anonymous said...

well... ga tau kenapa window media player 10 yg baru saja aku install tidak bisa baca CD ada band yg baru (beneran ga kebaca 'no disc'). Program ripper yg lain seperti cdex 1.51 bisa baca tapi tidak bisa dirip karena datanya dianggap sebagai DataTrack bukan Audio. Duh Suram... Ada usul ?

garvera@seductive.com

Anonymous said...

lupa bilang. Saya setuju anti pembajakan produk indo tapi tetap saja, saya tidak suka Copy Control (cuih). Dalam kasus saya, karena suatu alasan pribadi, saya tidak suka CD player. Jadi terpaksa semua lagu yg saya beli harus diRip untuk masuk MP3 Player. Copy Control bener2 tidak adil buat orang2 sepertiku.

garvera@seductive.com

Budi Rahardjo said...

IEEE Spectrum juga mengatakan, untuk tahun ini, teknologi proteksi DVD kalah. Jadi klop lah.